Thursday, April 6, 2017

Bagaimana Cara Bisa kuliah di Jepang?

Bagaimana caranya agar bisa kuliah di Jepang? Ini pertanyaan yang akhir akhir ini banyak ditujukan kepada saya. Saya tidak pernah kuliah di Jepang, saat ini hanya menemani suami Phd student di Kanazawa University. S1, S2 dan S3 saya di Indonesia.

Dari hasil browsing dan pengalaman suami mendaftar dulu saya coba uraikan. Untuk lebih lengkapnya teman teman bisa browsing sendiri ya. Karena sebenarnya bagaimana cara agar bisa kuliah di Jepang sudah banyak ditulis.

Sebelum memutuskan kuliah di Jepang, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Jepang memiliki 4 musim. Saat musim dingin dan salju di berbagai daerah ada yang sampai minus 17°. Bayangkan betapa dinginnya. Dan saat musim panas juga sangat panas bisa lebih 40°. Kira kira teman teman kuat ngak dengan kondisi ini. Perlu difikirkan dampaknya, bagi yang alergi dingin ini tentu cukup menyulitkan.

Tentukan juga bidang apa yang ingin diambil. Jangan sampai mau kuliah di Jepang tapi ngak tau mau ambil jurusan apa. Tentukan juga kita mau kuliah di kota apa. Karena biaya hidup di kota seperti Tokyo atau Osaka sangat tinggi. Di daerah lain bisa lebih rendah seperti di Kanazawa tempat kami tinggal. Dan yang perlu juga harus ditentukan adalah kita mau kuliah di universitas apa. Universitas swasta dan negeri di Jepang sama baiknya. Tapi biaya di universitas swasta sedikit lebih mahal. Untuk pertanyaan di atas bisa dibrowsing masing masing universitas untuk mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi. Dalam hal biaya, ada beberapa cara agar kita bisa kuliah di sini.

1. Biaya sendiri.

Jika ada dana banyak teman teman dapat kuliah dengan biaya sendiri. Uang kuliah dan biaya hidup sendiri. Jika ingin menabung bisa kerja part time. Cara seperti ini tentu agak berat ya mengingat biaya hidup sangat tinggi di Jepang.

2. Beasiswa dari Universitas

Biasanya setiap universitas mempunyai program beasiswa untuk mahasiswa asing. Tentukan universitas mana yang akan dipilih. Kunjungi situsnya dan pelajari apa saja syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa dapat beasiswa dari universitas tersebut.

3. Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Beasiswa MEXT ini dari pemerintah Jepang. Syaratnya cukup tinggi. TOEFL minimal 550. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa asing mulai dari jenjang S1 sampai S3. Jumlah beasiswa yang diberikan cukup banyak untuk bisa hidup di Jepang. Kalau kita berhemat dan tinggal di kota yang tidak terlalu padat akan bisa menabung. Untuk lengkapnya dapat dilihat di sini http://www.studyjapan.go.jp

4. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Beasiswa LPDP dari pemerintah negara kita. Suami saya dapat beasiswa ini. Kerjasama dengan Dikti. Menariknya beasiswa ini lebih besar dari MEXT. Syaratnya juga TOEFL di atas 550. Siapa saja warga Indonesia yang memenuhi syarat dapat memperoleh beasiswa ini. Tidak harus memiliki instansi dan tidak terikat dengan LPDP. Untuk info lengkapnya silahkan buka webitenya. http://www.lpdp.kemenkeu.go.id

5. Beasiswa dari perusahaan Jepang.

Perusahaan perusahaan Jepang cukup royal memberikan beasiswa baik bagi warga Jepang sendiri maupun warga asing. Salah satu rusahaan yang memberikan beasiswa adalah Panasonic​. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi situs nya. http://www.panasonicscholarship.com

Nah untuk teman teman yang ingin melanjutkan studi di Jepang, yuk siapkan diri sebaik baiknya. Silahkan tinggalkan komentar jika teman teman ingin mengetahui lebih detail. Insya Allah jika banyak permintaan akan saya lanjutkan.


Reaksi:

6 comments:

  1. terima kasih sharenya bu Yessi smoga suatu saat sy bs sekolah d luar negeri jg. aamiin

    ReplyDelete
  2. Arigatou gozaimasu infonya mrs ardiansyah 😉🙇🙏 smoga suatu hari juga diizinkan Allah ke Jepang. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..
      Semoga suatu saat bisa kesini ya. Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  3. Ibu Yesi, saya suka artikelnyaa.. Tapi ada pertanyaan yang mengganjal nih.. Kan kalau tahun ajaran baru di Jepang itu di mulainya April ya? Nah sedangkan di Indonesia itu April aja masih baru mulai Ujian Naional.. Trus kami anak SMA kelas 3 yang mau ikut pendaftaran S1 di Jepang itu gimana ya? Terimakasih..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete