11.4.17

Hanami 2017 Persatuan Pelajar Indonesia di Kanazawa

Salam teman teman, terimakasih telah mengunjungi situs saya ini.

Saya ingin bercerita tentang Hanami Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Kanazawa tanggal 9 April 2017 lalu. Apa sih Hanami itu? Saya kutip dari Wikipedia, Hanami artinya melihat bunga, atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Selain itu Hanami juga berarti piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan makan di bawah pohon sakura.

Hanami tahun ini dilaksanakan dipinggir sungai Asanogawa yang cantik. Sungai ini sangat jernih airnya. Sungainya lebar, sepanjang sungai banyak sekali pohon sakura. Kadang saya melihat bebek berenang di sini. Damai sekali jika melewati sungai ini.

Pagi sekali sudah terbentang tikar warna biru, sepertinya semalam sebelum Hanami, panitia sudah meletakan tikar di pinggir sungai ini. Karena banyak yang hanamian di lokasi ini, sebaiknya memang harus nge tek lokasi lebih awal agar dapat yang strategis. Lokasi yang dipilih panitia sangat cantik, ada tangga tidak terlalu tinggi di bawah pohon sakura. Saya sendiri datang sekitar jam 11.00.

Layaknya sebuah pesta, banyak sekali makanan dan minuman. Bapak bapak membakar ikan yang sebelumnya sudah dilumuri bumbu oleh ibu ibu. Ada juga asinan, bubur kacang hijau, puding buah dan beraneka makanan kecil lainya. Walau mendung, tidak menyurutkan teman teman untuk hadir. Kurang lebih 100 orang hadir dalam pesta ini ditambah anak anak. Di Kanazawa banyak student baik S1, S2 maupun S3 beserta keluarganya di Kanazawa.

Panitia menyelenggarakan permainan untuk anak anak. Mereka sangat menikmati kegembiraan ini, apalagi ada hadiahnya bagi yang menang. Yang lain bersenda gurau, berdiskusi, saling sapa antara satu dengan lainya. Sebagian yang lain asik foto foto dengan sakura.

Walau matahari tak tampak, tapi Hanami 2017 terasa hangat. Selalu terasa kehangatan saat bersama warga Indonesia di sini. Kami sudah seperti keluarga sendiri. Setiap ada acara ibu ibu gotong royong menyiapkan makanan. Sehingga Hanami kali ini sangat banyak makanan khas indonesia. Hanami berakhir sekitar jam 14.

Semoga keindahan sakura membawa kebahagiaan dan musim semi ini menjadi penyemangat bagi mahasiswa Indonesia yang sedang berjuang menuntut ilmu. Dan semoga kita bisa bertemu di Hanami tahun esok....

Terimakasih panitia, terimakasih pengurus PPI yang telah menyelenggarakan Hanami tahun ini. Foto dari PPI.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment