18.4.17

Lucunya Meja dan Kursi Anak SD di Jepang

Majunya sebuah negara tidak terlepas dari perhatian pemerintahnya yang besar terhadap pendidikan. Seperti di Jepang ini, saya melihat fasilitas sekolah yang sangat lengkap. Di SD Negeri Monorisato tempat anak saya sekolah sangat luas, ada lapangan in door dan out door yang sangat luas.

Sekolahnya terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama ada ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kepegawaian, rak sepatu, tempat gantungan jaket, tempat payung yang berjajar rapi. Dilantai satu ini juga disediakan ruangan untuk sholat yang sangat representatif. Di SD ini kebetulan banyak orang Indonesia, sekolah sangat toleran dan menyediakan ruangan untuk sholat. Lantai dua ruangan kelas untuk kelas satu sampai kelas tiga. Anak kelas empat sampai kelas enam berada di lantai tiga. Ruangan kelasnya sangat besar besar dengna pintu yang sangat lebar. Dilantai dua dan tiga ini ada sedikit taman. Di lantai empat ada kolam renang. Biasanya digunakan saat musim panas. Seperti apa sekolah dasar di Jepang Klik di sini.

Setiap anak duduk sendiri sediri di meja dan kursi yang telah disediakan. Meja dan kursinya terbuat dari kayu yang berkualitas baik. Sangat ringan sehingga mudah digeser geser. Lucunya, seluruh kaki kursi dan meja dikasih alas seperti bola tenis. Mungkin tujuanya agar tidak mengores lantai yang terbuat dari kayu.

Saat Penyambutan kelas 1 SD di Aula
Saat penyambutan kelas satu SD di Ruang Aula, anak kelas lima dan enam ikut menghadiri. Mereka bertugas menyayikan lagu kebangsaan Jepang dan lagu mars sekolah. Setiap anak mengangkat sendiri kursi dari kelas ke ruangna. Mungkin itu salah satu gunanya kenapa kursinya sangat ringan. Anak anak itu sangat tertib. Walau mengangkat kursi, tidak terdengar keributan dan kericuhan. Semua berbaris dan berjalan secara teratur.

Anak mengangkat kursi sendiri
Baca juga Seperti Apa Hari Pertama Anak Kelas 1 SD di Jepang

Seperti itulah kursi anak SD di sekolah anak saya. Sangat menarik ya. Menurut anak anak saya mereka sangat menikmati sekolah. Alhamdulillah belum pernah mogok. Dan saya juga bersyukur mereka di sini tidak di bully oleh teman temanya. Karena menurut beberapa teman di Jepang ini anak anak tidak lepas dari bully membully baik secara fisik maupun verbal.

Semoga pendidikan di Indonesia kedepan lebih baik. Tidak ada lagi sekolah yang bocor dan rusak. Sehingga sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak anak.



Reaksi:

8 comments:

  1. Mantap nih, semakin rajin nulisnya, jadi terbayang nih pendidikan di Jepang bikin anak betah sekolah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, waktu ku banyak luang di sini, jadi bisa nulis. Makasih dah mampir...

      Delete
  2. mandiri banget ya mbak anak jepang ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu mereka dididik mandiri dari kecil.

      Delete
  3. kursinya unik ... dan anak anaknya mandiri juga ,,... ini yang harus kita contoh untuk Indonesia

    ReplyDelete
  4. Aku kagum memang ama students di jepang ini.. Juga ama sistem pendidikannya.. Anak2nya bisa terbiasa disiplin dr kecil gt yaa.. Dulu suamiku sempet sekolah di sana pas mertua msh diplomat di jepang.

    Pas kmrn kita ke jepang, aku jg kagum krn siswa2 di sana krn mereka spertinya jg seneng ke museum ya.. Tp museum di jepang memang bgs2 sih. Itu murid2nya masih pake seragam sekolah, mainnya ke museum. Dan kliatan mereka bnr2 menikmati dan belajar, bukan cm sekedar dtG trs main ga jelas.. Wkt itu aku pikir, pantes yaa orang jepang ini pinter2. Sedari kecil aja kemauan belajrnya udh tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bu, saya juga kagum dengan pendidikan dan budaya Jepang. Banyak yang ingin saya tulis lagi mengenai Jepang. Terimakasih telah mampir ya...

      Delete