Wednesday, April 19, 2017

Oh, Pantas Bersih, Begini Cara Orang Jepang Membuang Sampah

Kebersihan di negara Jepang tidak diragukan lagi. Hampir dipastikan tidak ada sampah berserakan di jalan. Jangankan di jalanan atau diperumahan penduduk,  di tempat wisatapun sampah tidak kita temukan.

Baca juga: Lucunya Meja dan Kursi Anak SD di Jepang

Pemerintah mengatur sedemikian rupa Pembuangan sampah ini.  Masyarakat diedukasi untuk memisahkan mana sampah plastik,  mana sampah kaleng, mana sampah basah rumah tangga dan lain lain. Setiap rumah atau apartemen ada pengumuman mengenai bagaimana membuang sampah ini disertai ilustrasi bentuk sampahnya.

Masyarakat telah memiliki kesadaran yang tinggi bagaimana membuang sampah. Mereka akan memisahkan dengan sendiri sampah sesuai kategorinya. Kebersihan sudah menjadi karakter masyarakat Jepang.

Baca juga : Dua Kali Gagal, Akhirnya Diterima di Jepang

Waktu Pembuangan sampah juga diatur pemerintah sedemikian rupa. Misalnya hari senin hanya boleh membuang sampah basah rumah tangga. Hari selasa waktunya membuang sampah kaleng,  hari rabu waktunya membuang sampah plastik dan seterusnya. Zona pembuangan sampah juga di atur. Misalnya rumah kita di daerah A, maka tempat membuang sampahnya di lokasi B. Tidak boleh membuang sampah di wilayah yang bukan zonanya. Jumlah tempat Pembuangan sampah sangat banyak sekali.  Sehingga tidak ada penumpukan sampah pada satu tempat.

Baca tentang saya di : Satu Lagi Putri Saniangbaka Meperoleh Gelar Doktor dari Unpad

Sebelum dibuang,  sampah sampah seperti botol bekas saus atau kecap harus dibersihkan dulu. Pantas saja comberan disini airnya tetap jernih. Sampah sampah harus dimasukkan dalam kantong plastik yang diikat. Jika sampahnya besar,  harus membayar ke pengelola dengan membeli sticker ditempat khusus.

Baca juga : Bagaimana Cara Bisa Kuliah di Jepang

Tempat sampahnya tertutup rapi dan tidak ada yang tercecer. Kalau kita lewat dekat tempat Pembuangan Sampah tidak akan merasakan bau yang tidak sedap. Oh pantesan negaranya bersih.
Reaksi:

9 comments:

  1. Oalaaahh pantesan pas kmrn kita di jepang, kan nginepnya di apartmen dan rumah orang lokal, yg dibook dr airbnb.. Nah itu pemilik apartm ama rumah, udh wanti2, sampahnya jgn dibuang sendiri kluar.. Nanti dia yg akan buang. Trs dlm rumah/apartm disediakan tong sampah macem2. Utk ngebedain sampahnya itu kali yaa. Tp aku kdg msh bingung ngebedain sampahnya jg mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, aku sampai sekarang juga mssih belajar misah misahin sampah. Karena di Indonesia belum terbiasa. Kadang masih salah juga.

      Delete
  2. Rapi banget yaa di Jepang. Sampai2 sampah ajah ketat aturannya. Di sana udah terdidik sedari dini untuk buang sampah teratur jadi masyarakatnya gak susah ikutu aturan. Gak kayak di sini, hihi. Kemarin ajah saya sampai cari bak sampah besar denga cek harga dulu di priceza.co.id karena ternyata bisa lebih irit dengan bikin sendiri yaaa akhirnya bikin dari tumpukan ban mobil bekas, deh.

    ReplyDelete
  3. wah, seMoGa jakarta bisa seperti ini ya, mba

    ReplyDelete
  4. Salut banget ama Jepang...
    Semoga bukan hanya Jakarta tapi seluruh provinsi di Indonesia :)
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, banyak yang bisa kita contoh dari Jepang.

      Delete
  5. Salam Kenal. Semoga pulang ke tanah air bisa menulari teman-teman yang lain ya mbak.
    Karena beberapa teman pulang dari jepang kok balik lagi T.T ke kebiasaan lama

    ReplyDelete