Thursday, May 11, 2017

Yuk Lihat Pasar Tradisional di Kanazawa Jepang

Tiba tiba saya kangen pasar tradisonal di Padang. Seperti Pasar Raya, Pasar Steba, Pasar Alai, Pasar Parak lawah dan pasar Bandar Buat. Walau kadang becek, pasar tradisional di Indonesia sangat kental interaksi sosialnya. Kita bebas tawar menawar barang, kadang bertemu dengan tetangga atau teman lama di pasar, bisa say hallo dan saling bertanya kabar. Semua potret itu menjadi ciri khas Indonesia secara keseluruhan.

Di Kanazawa, Jepang, yang saya tahu hanya ada satu pasar tradisional. Namanya pasar Omico. Selain itu umumnya pasar modern berbentuk supermarket. Jumlahnya cukup banyak dengan lokasi yang cukup berdekatan. Ada yang buka 24 jam, namanya AEON. Layaknya pasar modern, AEON memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya. Barang barang yang dijual di sini berkualitas baik dengan harga yang cukup tinggi dibanding supermarket lain. Jika berbelanja di supermarket, pembeli tidak dikasih kantong kresek gratis. tetapi harus bayar, yang kecil 3 Yen dan yang agak besar 5 Yen. Saya membawa tas dari rumah jika berbelanja di sini.



Pasar Omico berada tidak jauh dari pusat perbelanjaan dan pusat kota Korinbo. Segala kebutuhan di jual di sini. Ada ikan, sayur, pakaian dan kebutuhan pokok lainya. Walau disebut pasar tradisonal, tetap saja menurut saya semi modern. Karena ada beberapa toko yang kasirnya menggunakan komputer dan harga pas. Tetapi di sebagian toko yang lain seperti toko sayur atau pedagang ikan ada yang bisa ditawar walau tidak terlalu banyak turun harganya. Di Jepang tidak biasa tawar menawar.

Pasar Omico sangat bersih dengan gang yang sangat lebar. Rata rata dagangan tertata dengan rapi dan bersih. Bahkan jika kita lewat di toko penjual ikan tidak terasa amis sedikitpun. Pasar ini sering dikunjungi wisatawan lokal.

Di pasar ini saya menemukan produk dari Indonesia yaitu saus cabe merk ABC. Harganya sedikit lebih mahal sari saus cabe ABC yang di jual di Mesjid. Oh iya mesjid di Kanazawa menjual produk halal. Ada ayam, daging, tempe dll. Tujuanya selain untuk memenuhi kebutuhan  akan makanan halal, juga untuk sumber pemasukan bagi pemeliharaan mesjid.



Biasanya orang Indonesia ke pasar tradisonal Omico untuk mencari ikan, karena harganya cukup miring di sini. Tetapi kadang juga cukup mahal, jadi tergantung keberuntungan. Saya pernah mendapat ikan kembung 30 ekor hanya 250 Yen. Wah murah sekali.

Sayangnya tidak semua toko terisi di pasar ini. Ada beberapa toko yang tampaknya tutup. Entah ada penjualnya atau tidak. Tidak seperti di Indoensia yang pasarnya ramai penuh sesak dengna penjual dan pembeli, pasar ini tidak terlalu sesak oleh penjual. Karena gang yang ada di pasar ini cukup lebar jadi tidak tarasa penuh sesak.

Sangat nyaman sekali belanja di pasar ini. Walau bukan pasar modern tapi pasar tradisonal ini tetap bersih dan aman dari copet.


Reaksi:

10 comments:

  1. Ya amppunnnn cm 250 yen dpt 30 ekooor :o. Di indo aja aku g ada nemu yg semurah itu mba hahahaha... Aku nyesel pas ke jepang kmrn ga ada pergi k pasar tradisional.. Next kalo ke jepang jd pgn liat pasar tradisional mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, menurutku juga murah banget. Langsung kubeli. Kalau di supermarket ngak dapet semurha itu. Trimaksih dah mampir ya...

      Delete
  2. kalau pasarnya bersih dan gak desak-desakan (aman dari copet pula)kaya gini palingan aku bakalan rajin ke pasar...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pasarnya bersih banget, gangnya lebar, seneng kalau ke sini. trimaksih dah mampir ya...

      Delete
  3. Wah mbak, ternyata di sana ada juga ikan kembung ya mbak. Saya kira di sana ikannya beda dgn yg di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada mbak, kayaknya sama dengan yang di Indonesia.

      Delete
  4. Wah mbak, ternyata di sana ada juga ikan kembung ya mbak. Saya kira di sana ikannya beda dgn yg di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak, tapi perasaan saya enakan ikan kembung kita, hehe

      Delete
  5. Orang jepang memang suka banget makan ikan ya mbak. Kualitas ikan di sana pasti lebih fresh deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar banget, orang Jepang sangat suka ikan. Ikan disini segar2. Tapi mahal. Trimakasih sudah berkunjung ya mbak...

      Delete