27.7.17

10 Tips Agar Mendapat Jodoh dan Apa Yang Harus Dilakukan Jika Belum Datang



Yesielsandra.comBanyak sekali yang merindukan datangnya jodoh. Salah satu konsultasi yang masuk kali ini berkaitan dengan jodoh. Kurang lebih masalahnya seperti ini:

Saya Putri, bukan nama sebenarnya, 31 tahun. Saya ingin sekali menikah. Beberapa kali taaruf selalu gagal. Saat ini saya ada perasaan ke seseorang, tapi saya pesimis karena umurnya jauh lebih muda dari saya. Tuntutan orang tua dan lingkungan membuat saya stress dan rasanya ingin mati saja agar beban pikiran saya berakhir.

Permasalahan di atas tidak saja terjadi pada Putri. Saya yakin banyak perempuan yang sudah berumur tetapi belum bertemu dengan jodohnya. Tapi sebenarnya tidak hanya perempuan yang banyak belum bertemu jodoh. Saya mengenal beberapa laki laki dewasa juga belum bertemu jodohnya. Padahal teman teman saya itu telah memiliki pekerjaan yang baik. Jodoh benar benar rahasia Allah.

Saya sangat memahami apa yang Putri rasakan hari ini, karena sayapun pernah dalam kondisi seperti itu. Umur sudah semakin banyak, pekerjaan sudah mapan, pendidikan juga baik tapi belum bertemu jodoh. Orang tua dan lingkungan selalu bertanya, kapan menikah? Aduh pusing sekali menjawabnya.Kalau ada yang bertanya kapan nikah, pengen nonjok rasanya. Buat teman teman, tolong, please, jangan tanya kepada perempuan lajang, kapan menikah. Sulit menjawabnya. Karena perempuan itu sifatnya pasif. Beda dengan laki laki. 

Sebenarnya jodoh itu tidak disegerakan, tidak juga diperlambat oleh Allah. Ia datang pada saat yang tepat. Berprasangka baiklah kepada Allah. 

Baiklah, teman teman yang hari ini belum bertemu jodoh, jangan bersedih, jangan stress apalagi sampai mau mati saja. Menikah bukanlah satu satunya jalan kebahagiaan. Tidak sedikit orang yang telah menikah justru tercabik kebahagiaanya karena banyaknya masalah dalam pernikahan. Apakah itu dengan suami, istri, ipar, mertua, anak, lingkungan dsb. Tapi jangan juga takut menikah, karena menikah atau tidak kita akan selalu berhadapan dengan persoalan persoalan hidup.

Baiklah, lantas apa tips agar mendapat jodoh dan apa yang harus dilakukan jika belum datang?

1. Luruskan niat

Sesungguhnya amalan itu tergantung pada naitnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan sesuai apa yang diniatkan, barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang akan didapatkanya atau karena wanita yang akan dinikahkanya, maka hijrahnya sesuai dengna apa yang diniatkanya *HR Bukhari Muslim.

Luruskan dan benarkan niat kita menikah hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Niatkan kita menikah karena ingin menyempurnakan dien kita. Niatkan kita menikah karena ingin menjaga kehormatan diri kita. JIka niat kita baik dan baik dan benar, prosesnya baik dan benar maka hasilnya akan baik juga. 

2. Perbaiki kualitas diri, amal dan ibadah kita terus menerus.

Tidaklah cinta itu bergerak ke arah yang satu frekwensi dengannya. Perempuan yang baik akan bertemu dengan laki laki yang baik. Jodoh kita akan datang seiring kita memperbaiki kualitas diri, amal dan ibadah secara terus menerus.

3. Tidak meninggikan kriteria

Ukur diri kita. Jangan muluk muluk menargetkan jodoh kita. Ada 4 faktor menikahi seseorang, karena hartanya, kecantikanya, nasabnya, dan agamanya. pilihlah pertimbangan kita menikah dengan seseorang karena agamanya. Bukan hanya sekedar sholat dan puasanya, tapi lihat juga fikrah islamiyahnya. Dahulukan kriteria yang berkaitan dengan akhirat, bukan hanya dunia, seperti pendidikanya, kerjaanya, gajinya, dll.

Tetapi jangan juga merendahkan diri kita. Misalnya karena umur sudah semakin bertambah, akhirnya kita bebas saja menikah dengan siapa saja tanpa mempertimbangkan kemslahatan bersama.

Saya ingat waktu memutuskan menikah dengan suami dulu. Beliau hanya tamat D3, sedangkan saya sedang kuliah S3. Penghasilan hanya 800 ribu perbulan. Bulan madu hanya di sebuah kontrakan kecil berupa kamar 3 x 3 dimana semua ada di kamar itu termasuk tempat tidur, dapur, kamar mandi dan WC.

4. Perbanyak ibadah sunnah

Jodoh itu rahasia Allah. Mendekatlah kepada Allah lebih dekat lagi. Berlarilah kepada Allah lebih kencang lagi. Sebutlah nama Allah lebih banyak lagi. Berdoalah kepada Allah lebih khusuk lagi. Sibukkan diri kita dengan memperbanyak ibadah sunnah seperti sholat rawatib, tahajud di sepertiga malam, sholat duha, sholat hajat. Perbanyak ibadah puasa senin kamis, puasa daud. Perbanyak infak dan sedekah. 
 
5. Luaskan pergaulan

Luaskan pergaulan kita agar kita memiliki banyak teman dan kenalan. Bergabung dengan komunitas komunitas yang sesuai dengan minat atau profesi kita. Aktif di forum forum atau organisasi. Jika kita memiliki banyak teman dan kenalan, maka peluang jodoh kita akan semakin besar. Jangan batasi pergaulan kita hanya pada satu golongan.

6. Lakukan hal hal baru yang bersifat positif

Agar pikiran kita tidak hanya fokus menanti datangnya jodoh, lakukan hal hal baru yang bersifat positif. Misalnya menjadi volunteer, berkebun, memasak resep baru, menulis, menjahir dll.

Saya dulu menyibukkan diri dengan menulis. Ngak nyangka ternyata dengan menulis alhamdulillah akhirnya bertemu jodoh.

7. Silaturahim

Percaya tidak silaturahim dapat mendatangkan jodoh. Bersilaturahim bisa mengunjungi, mengirim SMS, menelpon. Dari hasil ceirta cerita dan ngobrol ngobrol, teman kita tau kalau kita sedang menunggu jodoh. Barangkali teman kita itu memiliki teman yang juga sedang menunggu jodoh. Dengan bersilaturahim peluang kita mendapatkan jodoh semakin besar.

8. Menolong orang yang sedang kesusahan.

Allah akan memudahkan urusan hamba-Nya, jika hamba itu memudahkan urusan saudaranya. Bantulah teman kita yang sedang kesulitan. Mudah mudahan itu menjadi sebab bertemunya jodoh kita.

9. Menurtup Aurat

Menutup aurat adalah kewajiban kepada Allah. Allah akan mengabulkan doa hamba yang taat pada perintah-Nya. Mudah saja bagi Allah mempertemukan jodoh kita sepanjang kita berdoa dan taat pada Allah SWT.

10. Meminta bantuan kepada orang lain.

Orang tua adalah orang yang sangat peduli terhadap jodoh anaknya. Tetapi tidak ada salahnya kita meminta bantuan kepada orang lain. Seperti atasan, teman, murabbi, tetangga dls. Barangkali orang orang tersebut memiliki informasi orang yang juga sedang mencari jodoh. Sepanjang orang tersebut bisa amanah menjaga rahasia kita, sampaikanlah niat kita kepadanya agar dibantu barangkali memiliki teman atau saudara yangjuga sedang mencari jodoh.

Selain tips tips di atas, yang dapat dilakukan teman teman agar bertemu jodoh adalah dengan memperbanyak istigfar. Memperbanyak ampunan kepada Allah Allah atas segala khilaf dan dosa. Perbanyak doa kepada Allah. Merengek lah kepada Allah dalam doa doa kita. Biarkan tangis itu tumpah dan biarkan Allah menyeka air mata kita. Allah sangat tahu kapan waktu yang pas dan siapa jodoh yang pantas bagi kita. 

Jika jodoh belum juga tiba, bertahanlah di frekwensi yang baik. Percayalah menikah bukan satu satunya jalan menuju syurga Allah. Bertahanlah dengan kesholehan kita, bertahanlah dengan idealisme kita untuk selalu menebar kebaikan di muka bumi bagaimanapun keadaan kita. Bertahanlah dengan jalan kebahagiaan yang ada hari ini. Jangan rendahkan diri kita di hadapan manusia dengan perbuatan perbuatan yang dibenci dan dilarang Allah.

Saya doakan, semoga yang membaca tulisan ini bertemu jodoh yang baik untuk dunia dan akhiratnya.

Doa kepada Allah agar diberikan jodoh :

ROBBI HABLII MIN LADUNKA ZAUJAN THOYYIBAN WAYAKUUNA SHOHIBAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH, artinya : Ya Robb berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat.












Reaksi:

3 comments:

  1. Artikel yg bagus.. sabar ya, semoga setiap insan Allah menemukan jodohnya yg terbaik

    ReplyDelete
  2. Aminnn,,, Syukron jazakillah ukhti artikelnya bagus sekali,,, smg saya juga disegerakan jodohnya,,,

    ReplyDelete