Tuesday, August 22, 2017

Ini Dia Keseruan Liburan Musim Panas Pertama Kami di Jepang

yesielsandra.com. Natsu Yasumi artinya adalah liburan muslim panas. Liburannya cukup lama sekitar 40 hari. Selama Natsu Yasumi anak anak mendapat tugas dari sekolahnya. Selain mengerjakan PR, anak anak diminta membuat berbagai keterampilan. Selain itu ada kegiatan senam jam 06.30 setiap pagi di taman dekat rumah. Selama Natsu Yasumi anak anak bisa tetap main ke sekolah atau berenang di sekolah. Di sekolah ada kolam renang di lantai 3. Anak anak saya hampir setiap hari berenang bersama teman temanya tanpa harus membayar uang masuk. Selain berenang, anak anak kami jadwalkan rutin menghafal Al-Quran.

Di bawah Akuarium besar.
Tidak lengkap rasanya jika tidak ada kegiatan ke luar kota selama liburan yang sangat panjang ini. kami mengagendakan liburan ke tiga tempat. Pilihan pertama kami mengajak anak anak ke Notojima yang berada di Ishikawa Prefecture. Notojima adalah aquarium besar yang terdiri dari lebih 40.000 ikan. Berbagai ukuran akuarium ada di sini. Untuk masuk ke akuarium ini orang dewasa membayar 1.850 Yen dan anak anak membayar 510 Yen. Selain menyaksikan berbagai jenis dan ukuran ikan di berbagai ukuran akuarium, pengunjung juga disuguhi pementasan lumba lumba. Menyaksikan pementasan lumba lumba ini tidak bayar lagi. Ada penyu dan pinguin juga di sini.

Pasar Murah di Noto

Kami berangkat dari Kanazawa sekitar jam 7.00 pagi. Kami berangkat tidak hanya satu keluarga, tapi kami traveling bersama keluarga Indonesia lainya dengan menyewa sebuah bis pada seorang teman yang kami panggil "Teh Neng". Teh Neng sudah lama tinggal di Noto, suaminya asli orang Noto. Teh Neng sangat baik sekali berkenan memandu kami dan mencarikan bis. Bahkan sopir bis nya pun adalah suami Teh Neng sendiri.

Traveling beramai ramai patungan seperti ini sangat menghemat biaya. Anak anakpun lebih bersemangat dan bergembira karena banyak teman. Sebelum ke Notojima Teh Neng mengajak kami ke pasar murah. Dan setelah dari Notojima kami diajak ke musium bunga yang sangat cantik di Akasumi, Shika Machi, Hakui Gun. Bunga bunga berbagai rupa dan warna ada di sini. Ada hamparan rumput yang luas. Masuk ke sini gratis.

Musium Bunga
Traveling berikutnya kami ke Tokyo. Kali ini kami tidak menyewa bis dan tidak dipandu Teh Neng, karena jauh. Tetapi kami berangkat sendiri beberapa keluarga menggunakan bis malam. Dari apartemen menuju stasiun Kanazawa jam 8 malam. Sedangkan berangkat dari stasiun Kanazawa ke stasiun Tokyo sekitar jam 10 malam. Sayangnya ngak bisa lihat pemandangan karena gelap di luar. Penumpang duduk sendiri sendiri karena bis nya ada 3 kursi dalam setiap baris. Di setiap kursi dalam bis ada tempat untuk charger HP. Kebetulan HP saya lowbat, diisi deh di sini. Sampai di stasiun Tokyo sekita jam 7 pagi.

Banyak tempat menarik yang wajib kita kunjungi di Tokyo. Salah satunya adalah Kuil Sensoji atau disebut juga Kuil Asakusa.  Kuilnya merah menyala. Dimalam hari akan terlihat benderang dengan lampu yang menyala. Kuil ini kabarnya dibangun untuk menjaga masyarakat Asakusa dari penderitaan. Di sini banyak wisatawan dari mancanegara.

Tempat menjual souvenir dekat Kuil Sensoji
Di dekat kuil ini ada pertokoan yang menjual berbagai souvenir khas Jepang. Toko toko yang menjual souvenir ini tertata rapi. Di dekat kuil ini juga ada Ramen halal. Ramen adalah salah satu makanan khas Jepang. bentuknya seperti mie ayam di Indonesia. Owner restoran ini adalah orang Jepang tapi pelayannya Muslim. Kebetulan ketika kami ke sana, kami dilayani oleh pelayan asal Indoensia, tepatnya dari Padang. Ya udah sekalian aja ngobrol bahasa Minang. Namanya Muzaki, student di Tokyo. Sambil kuliah Marzuki baito atau bekerja menjadi pelayan restoran. Di restoran ini ini disediakan ruangan sholat di lantai 2.

Ramen Halal

Setelah puas makan Ramen dan mengelilingi Kuil, kami berjalan menuju Sky Tree. Menara ini termasuk palingt tinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari 600 meter. Untuk naik ke atas tiket sekitar 2.000 sampai 3.000 Yen. Cukup jauh juga jalan kaki dari Kuil Sensoji ke Sky Tree. Sayang saat kami ke sana awan sedang tebal dan hujan turun rintik rintik. Kami memutuskan tidak naik ke atas.

Di Menara ini ada restoran, akuarium dan pusat perbelanjaan lainya. Sebagian serba Sky Tree. Luar biasa Jepang membangun menara tinggi di daerah rawan gempa. Dengan tekhnologi yang canggih menara ini aman ketika terjadi gempa.

Traveling berikutnya kami ke Fukui Prefecture. Di Fukui kami ke musium dinosaurus dan ke Angel Land. Seperti biasa kami beramai ramai bersama keluarga Indonesia lainya menyewa bis dan supirnya suami Teh Neng. Baik banget teh Neng dan suaminya.
Musium Dinosaurus

Pertama tama kami ke Musium Dinosaurus. Musium ini merupakan salah satu musium dinosaurus terbesar di dunia. Musium yang sangat modern dan megah. Terdiri dari 4 lantai tanpa tiang penyangga di tengah. Untuk masuk ke musium ini orang dewasa membayar 720 Yen dan anak anak 260 Yen. Saat kami ke sana kebetulan sedang gratis. Pantas ramai sekali waktu itu.

Ada eskalator yang mirip tulang. Di dalam musium ini ada replika peneliti yang sedang mengali tanah. Ada juga peneliti yang sedang melakukan penelitian dengan alat modern dan canggih, tetapi ini orang betulan bukan replika. Berarti sampai hari ini penelitian tentang dinosaurus masih terus dilakukan.
Eskalator di dalam musium

Berbagai tulang dan replika dinosaurus terdapat di dalam musium ini. Ada juga pemutaran vidio animasi dinosaurus. Yang sangat menarik bagi anak anak adalah ada robot dinosaurus yang sangat besar, bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Di dalam musium ini juga ada toko yang menjual berbagai pernak pernik yang berhubungan dengan dinosaurus.

Di luar musium ada taman yang luas dengan permainan yang beraneka ragam. Di taman ini kami sholat dan makan siang. Ada air minum gratis yang  bisa diminum langsung dari kran. Dari jauh tampak bukit hijau menatap kami dengan tenang. Luar biasa musium dinosaurus ini.

Terakhir kami ke Angel Land. Tempat ini merupakan taman yang sangat luas dengan sebuah musium science yang sangat modern. Ada permainan trampolin besar yang dapat dimasuki anak anak secara gratis. Ada juga kolam renang dangkal dan air mancur yang bisa dimasuki anak anak secara gratis juga.
Taman yang hijau banyak mainan
Untuk memasuki musium sciencenya orang dewasa hanya membayar 100 Yen, sedangkan anak anak gratis. Berbagai pengetahuan dan tekhnologi ada di sini. Seperti komputer room, kraf room, dan berbagai macam alat peraga science yang menarik.

Puas mengelilingi science show, anak anak beli es krim di mesin tanpa penjual. Mesin seperti ini banyak sekali di Jepang. Berbagai makanan dan minuman banyak di jual di mesin ini. Kita cukup memasukkan uang sesuai harga tertera dan memilih makanan atau minuman yang kita sukai. Sangat praktis.

Salah sat ualat peraga Science

Itulah perjalanan selama Natsu Yasumi tahun ini. Bersyukur sekali kami dapat menikmati kebesaran Allah di bumi-Nya yang luas ini. Semoga liburan berikutnya kami bisa mengunnjungi sudut Jepang yang lain. Sayonara....

Baca juga:

Sinjai Road Trip Bersama Si Kecil

Reaksi:

12 comments:

1. Wahh bagus banget tuh musium dinosaurusnya. Smoga nanti bisa kesana bersama anak2

Replies
    1. amin, semoga suatu saat bisa ke sini ya mbak lia...

Delete
  2. Alhamdulillah senengnya, semoga saya dan keluarga juga bisa liburan ke Jepang, aamiin.. tfs Mba, saya tertarik ke Museum Bunga hehe

Replies
    1. amin, semoga suatu saat bisa main ke sini ya mbak sandra....

Delete
  3. Wah, menarik. Bagus buat referensi wisata di Jepang. makasih banyak, ya Mba Yesi :) Salam hangat dari Bandung.

Replies
    1. mMsih banyak tempat menarik yang belum terjelajahi, nabung dulu mbak hehe. wah saya lama dulu tinggal di Bandung...

Delete
  4. Senangnyaa liat anak-anak jalan-jalan...apalagi di negara lain heheh. Semog anak2 betah disana ya mak...

Replies
    1. Amin, tambah seru karena jalan jalanya ramean jadi anak anak banyak teman....

Delete
  5. Hiksss jadi mupeng banget Emak... Dulu waktu masih gadis sebelum nikah traveling ke jepang adalah salah satu wishlist aku sebelum menikah. Eh sampai sekarang belum kesampaian. Mudah-mudahan bisa kesana sebelum masa tua.

Replies
    1. Mudah mudahan suatu saat bisa ke sini ya Mak Tika...

Delete
  6. Waaah kapan ya bisa ajak Fadel main ke sini..

Replies
    1. Mudah mudahan suatu saat bisa main ke sini ya dedek fadel...