Monday, September 4, 2017

Ini Loh Benefit Yang Kita Peroleh Kalau Asik Ngeblog




yesielsandra.com. Era internet memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mengaktualsiaksikan diri melalui tulisan. Kalau dulu kita hanya bisa mengirimkan tulisan ke koran atau majalah agar bisa dibaca banyak orang, itupun tidak semua tulisan bisa dimuat. Tetapi sekarang tidak, dalam hitungan detik setelah kita posting, orang bisa membaca tulisan kita hingga ratusan ribu orang bahkan mungkin jutaan.

Bagi saya menulis adalah rekreasi tersendiri bagi jiwa saya. Senang bisa menumpahkan isi hati dan pikiran lewat tulisan. Ketika saya baru kenal internet tahun 1998, saya banyak menulis di yahoogroups.com. Selain di yahoogroup, saya menjadi kontributor lepas di eramuslim.com.  Salah satu tulisan saya yang masih tersimpan di eramuslim.com adalah Investasi. Tulisan ini dipublikasikan tanggal 9 Agusutus 2007, percis 10 tahun yang lalu. Karena keseringan nulis di Eramuslim, saya bertemu jodoh. Mau tau ceritanya, insya Allah nanti akan saya tulis di episode yang lain.

Selain di eramuslim.com saya juga menjadi kontributor di dakwatuna.com. Salah satu tulisan saya yang masih tersimpan di dakwatuna.com adalah Antara Facebook Dan Manusia Produktif. Dipublikasikan bulan Mei tahun 2009. Kedua tulisan ini banyak dibaca dan dishare orang ketika itu.

Saya sendiri baru memiliki blog sejak tahun 2009, waktu itu masih menggunakan domain gratisan. Tulisan pertama yang saya publikasikan Menyelesaikan Program Doktor Tanpa Lupa Memberi ASI. Sayang waktu itu saya masih "Anggek anggek ciek ayam" Pertama tama saja semangat, setelah itu blognya ngak dikelola dengan baik. Sejak menggunakan domain berbayar pada Maret 2017 saya ingin istiqomah menulis di blog sendiri.

Perkembangan blog ini sangat pesat. Jumlah visitor sudah mencapai ratusan ribu orang. Padahal baru aktif pertengahan maret 2017 ini. Kesempatan nulis agak terbatas karena saya hanya mengandalkan laptop nebeng punya suami. Dan blog ini sempat mati suri sejenak ketika saya pulang ke Padang selama 1 bulan. Baru setelah saya dibelikan laptop oleh suami sebulan yang lalu saya blog ini aktif lagi. Setiap hari visitor dan follower semakin bertambah.

Tidak sedikit tulisan di blog ini di share netizen di sosmednya. Kok bisa dishare banyak orang? Wah ngak tau juga ya. Saya mempromosikan blog ini di sosmed dan bergabung dengan berbagai  komunitas blogger. Salah satu komunitas yang kece adalah Kumpulan emak emak blogger.

Apa sih asiknya ngeblog? Kalau menurut saya sih asik banget. Bagi saya menulis adalah rekreasi bagi hati dan pikiran. Saya dapat menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan yang tak dapat saya ucapkan dan didengar banyak orang. Dengan menuliskanya di blog orang dapat membaca dan mengetahuinya. Apalagi value yang saya dapat ketika menjadi kontributor di eramuslim.com adalah ketemu jodoh.

Ada rasa bahagia ketika tulisan kita selesai dibuat. Akan lebih bahagia lagi jika tulisan itu memberi banyak manfaat bagi banyak orang. Taunya bermanfaat dari mana, pertama, dari banyaknya komentar di blog, kedua dari banyaknya yang membaca dan menshare, ketiga dari banyaknya yang inbox.

Apa yang didapat setelah itu? Bagi saya yang utama adalah kepuasan batin yang tidak bisa dinilai dengan uang atau materi apapun. Pergaulan kita menjadi luas karena kita akan banyak berkenalan dengan banyak orang. Yang tidak kalah asiknya dari ngeblog adalah kita bisa mendapat uang.

Tidak sedikit orang yang menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama. Dari ngeblog mereka mendapat banyak uang. Saya sendiri baru kemaren siang mendaftarkan blog ini ke Google Adsense. Mudah mudahan blog ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan.

Tetapi menurut saya yang terpenting adalah bukan seberapa banyak uang yang kita dapatkan dari ngeblog. Tetapi bagaimana kita dapat menyalurkan hobi kita. Kalaupun akhirnya kita dapat uang dari ngeblog, anggaplah itu bonusnya.

Bagaimana agar kita terus asik menulis di blog dan pembacanya banyak?
  1. Niatkan aktifitas ngeblog ini sebagai amal sholeh dan ibadah. Bukan untuk tujuan yang lain. Segala sesuatu itu tergantung pada niatnya.
  2. Pilih tema blog yang sesuai dengan passion kita. Walau sebenarnya pendidikan formal saya marketing, saya lebih memilih tema parenting dan pendidikan sebagai niche blog ini.
  3. Kata orang minang "Salero condong ka nan rancak" Artinya orang suka pada sesuatu yang cantik. Percantik blog kita agar kita betah menulis dan yang membacapun senang melihat tampilan blog kita.
  4. Promosikan blog kita di sosmed dan ikut komunitas blogger. Jika ingin orang lain banyak membaca blog kita maka promosikan blog kita dan bergabung dengan komunitas blogger.
  5. Sediakan waktu khusus untuk ngeblog. Usahakan kita memiliki waktu khusus untuk ngeblog. Kalau saya biasanya malam setelah anak anak tidur agar dapat menulis dengan nyaman dan santai. Kadang pas ada waktu senggang ngeblog juga. 
Benefit apa sih yang bisa kita dapatkan jika kita asik ngeblog? Menurut saya banyak sekali nilai positif yang akan kita raih kalau kita ngeblok diantaranya:

  1. Kepuasan batin. Kita akan mendapatkan kepuasan batin tersendiri setelah berhasil merampungkan sebuuah tulisan. Apalagi kalau tulisan itu dibaca dan bermanfaat banyak bagi orang lain.
  2. Menambah teman baru dan memperluas jaringan. Dengan ngeblog dan bergabung bersama komunitas blogger kita akan mendapat banyak teman dan memperluas jaringan.
  3. Menambah ilmu dan wawasan. Sebelum menulis tentunya kita akan membaca, mencari referensi serta rujukan dari tulisan orang lain. Mustahil kita bisa menulis kalau kita tak pernah membaca. Dan tau sendirikan membaca adalah jendelanya dunia.
  4. Menjadi sumber penghasilan. Sudah banyak orang yang mendapatkan uang dari aktifitas ngeblog. Sumber penghasilan bisa jadi dari menjual produk di blog, mereview produk orang lain, menjadi patner Google Adsense, menerima iklan dari orang lain dan sebagainya.
  5. Jika blog kita bermanfaat bagi orang lain, tentunya kita akan mendapatkan amal pahala. Menjadi amal sholeh. Bukanakah salah satu amal yang tak kan terputus sampai kita menigngal adalah ilmu yang bermanfaat buat orang lain. Nah yang ke lima ini yang paling saya cari.
  6. Bertemu jodoh. Ea...Kalau ini mah bonus banget. Nanti kalau ada kesempatan saya tulis kronologis bertemu jodoh gara gara tulisan.
    Nah babagaimana, apakah teman teman tertarik untuk ngeblog? atau bagi teman teman yang sudah punya blog tetapi maju mundur, kadang semangat 45 kadang ngak, yuk aktif lagi, saling menguatkan. Semoga aktifitas ini menjadi amal sholeh.
    Banyak orang yang sudah merasakan manfaat ngeblog. Salah satunya adalah mbak Dian. Cerita keasikan ngeblog beliau diikutsertakan dalam collaboration Kumpulan emak emak blogger. Asik membaca keseruan mbak Dian dengan blognya.







 


Reaksi:

15 comments:

  1. Ngeblog dan bertemu teman-teman blogger di dunia nyata juga sarana me time buat aku mba. Pokoknya manfaatnya banyaaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menjadi me time juga ya mbak, keren euyh...

      Delete
  2. Alhamdulillah ngeblognya banyak bonusnya yaa.. Hehe. Semoga pertemanan blogger ini sama2 memberikan manfaat ya mak

    ReplyDelete
  3. Ibaratnya kalau kita punya talenta menulis why not to writing. Kalau buat aku menulis itu seperti terapi yang bisa menenangkan.

    ReplyDelete
  4. Iya ya bun. Ngeblog itu perlu luruskan niatkan agar semuanya bermanfaat. Niat saya ngeblog, sejak awal hanya ingin brbgi. Smga smuanya terjga smp nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, iya pasang niat yang baik dulu semoga segalanya bernilai ibadah ya Bunda Erysha....

      Delete
  5. Benefit yang langsung saya rasakan adalah kepuasan hati. Apalagi waktu pertama kali ngeblog saya belum mengenal monetize :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Myra, kepuasan hati itu ngak bisa diukur dengan materi ya, sekarang dah banyak monetize yang bisa kita lakukan untuk menghasilakn uang dari blog ya mbak...

      Delete
  6. Setuju Mbak..gara-gara punya blog, rajin ngeblognya..lancar jaya deh nulis lainnya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ala bisa karena biasa ya Mbak Dian, semoga istiqomah ngeblog mbak...

      Delete
  7. Saya juga sudah ngeblog lama mbk, tapi ya gitu kurang istiqomah mengelola.

    ReplyDelete
  8. Saya juga sudah ngeblog lama mbk, tapi ya gitu kurang istiqomah mengelola.

    ReplyDelete
  9. Saya sudah 2 tahun ngeblog benar-benar mendapatkan benefit yang nyata bagi diri saya sendiri.

    ReplyDelete