27.1.18

Bagaimana Cara Melakukan Self Hypnosis?


yesielsandra.com. Banyak yang tidak percaya bahwa setiap orang bisa melakukan self hypnosis. Bagaimana kita mensugesti diri kita agar kita bisa tumbuh dan terus berkembang, baik itu karier maupun finasial. Kita bisa menterapi diri yang biasanya penakut menjadi pemberani. Kita juga bisa menterapi diri kita agar tampil percaya diri, berani berbicara di depan umum, tidak takut menghadapi kesulitan hidup dll.

Hal yang harus kita persiapkan pertama sekali adalah melakukan rekonsiliasi dengan sang pencipta. Maksudnya, kita harus meyakini bahwa Allah mengikuti persangkaan hamba-Nya. kalau kita yakin bisa, insya Allah kita akan bisa. Kita harus yakin bahwa Allah menciptakan potensi pikiran kita dengan sangat luar biasa. Kita diciptakan dengan sangat sempurna, maka sesungguhnya Allah memberi kita kekuatan yang luar biasa untuk bisa bertahan hidup, dalam kondisi apapun. Kita terlahir sebagai masterpiece, maka seharusnya hidup harus penuh makna, harus bermanfaat tidak saja untuk diri sendiri, tapi bermanfaat untuk orang lain, menginspirasi orang lain, menjadi solusi bagi orang lain, bukan sebaliknya, menjadi beban bagi orang lain.

Baik sekarang mari kita lihat tahapan melakukan hypnosis. Persiapkan diri kita sebaik baiknya untuk melakukan hypnosis. Tentukan masalah apa yang ingin kita atasi dan buat skala maslah itu apakah berada dalan rentang 0 sd 10. Kalau mendekati 0 berarti tidak berat, kalau mendekati 10 berati sangat berat. Selanjutnya kita harus memiliki tekad yang kuat untuk mau berubah, untuk mau keluar dari masalah, untuk bersungguh sungguh mewujudkan apa yang menjadi keinginan kita.

Lakukan relaksasi dengan tarikan nafas dan embusan nafas yang panjang dengan durasi waktu kurang lebih 1-2 menit. Lakukan hal ini sampai tubuh benar benar merasa rileks. Kita dapat menutup mata agar terasa lebih rileks.

Dalam keadaan tubuh dan pikiran kita dalam kondisi hypnosis maka kita akan sangat mudah memasukan sugesti. Silahkan sugesti diri kita sesuai apa yang kita inginkan.

Contoh script yang dapat dilakukan untuk menterapi diri sendiri.

Katakan dalam hati kita, "Wahai diri, setiap saya menarik nafas saya merasakan energi positif, dan setiap nafas yang saya hembuskan saya membuang energi negatif. Dalam hitungan ke lima saya merasakan tubuh saya semakin rileks, semakin merasakan perasaan yang sangat nyaman"

Ketika tubuh kita sudah sangat rileks, mata, kaki, tangan dan pikiran sudah sangat rileks dan nyaman, fokuskan diri kita mensugesti sesuai dengna Tetapi tidka harus sampai mpermasalahan yang ingin kita hadapi, atau sesuatu yang ingin harapan dan butuhkan dalam hidup. Misalnya ketika ketika akan melahirkan. Ini hanya contoh ya...

"Wahai diri betapa bersyukurnya engkau sebentar lagi akan hadir malaikat kecil dalam hidupmu. Malaikat kecil yang akan membuatmu tersenyum malaikat kecil yang cantik dan lucu. Dalam hitungan ke lima engkau merasakan sakit saat ini sebagai sebuah kesenangan karena sebentar lagi malaikat kecilmu akan segera lahir. Semakin terasa sakit, maka akan semakin cepat perjumpaan dengnanya. Nikmati sensasi sakitnya. Dalam hitungan ke lima engkau semakin berdamai dengna rasa sakit itu." Bayangkan gambarnya dengan jelas, seorang bayi mungkil yang cantik

Dengan melakukan hypnosis bukan berarti sakitnya jadi hilang, tetapi pikiran kita dapat berdamai dengan rasa sakit melahirkan yang luar biasa itu. Kita bisa menghadapinya tanpa perasaan cemas dan takut.

Bagaimana melakukan hypnoparenting

Hypnoparenting adalah suatu tekhnik menididik anak dengan cara cara hypnosis. JIka kita sudah mahir melakukan hypnosis maka kita akan mudah melakukan sugesti pada anak. Ingat prosesnya kurang lebih sama. Buat anak dalam kondisi rileks. Tetapi tidak harus menyusuruhnya menarik nafas dan menghembuskanya kembali. karena jika anak trust pada orang tuanya, maka alam bawah sadarnya sangat mudah menerima sugesti dari orang tuanya.

Kita juga dapat melakukan sugesti pada saat aktifitas anak memasuki gelombang otak alpha atau theta. Misalnya menjelang tidur, kita sugesti anak dengan script sebagai berikut, "Anak bunda yang sholeh, silahkan tidur dengan rileks dan santai. Dalam hitungan kelima anak sholeh bunda semakin rileks. Anak bunda besok pagi bangun sebelum subuh dengan kondisi yang sangat rileks. Anak bunda sangat mencintai ibadah sholat, karena dengan sholat anak bunda meraskan ketenangan dan kedamaian. Setelah bangun anak bunda akan bersegera dengna senang hati sholat subuh berjamaan bersma ayah dan bunda, jika mengerti anggukan kepala. Sekarang dalam htungan ketiga, anak bunda akan tertidur dengna sangat pulas."


sumber cover: youtube
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment