23.1.18

Tips dan Menu Bekal Sekolah Anak yang Sehat Bergizi, Cepat, Praktis dan Ngak Ribet


yesielsandra.com| Pagi pagi biasanya para ibu disibukkan dengan urusan dapur, menyiapkan sarapan dan bekal sekolah anak atau bekal suami ke kantor. Jika ibu adalah wanita bekerja, tentu sekalian menyiapkan juga bekal untuk makan siangnya di kantor. Sebagai ibu yang dulu bekerja, saya merasakan betul betapa sibuknya ibu pagi pagi di dapur.

Walau sekarang tidak bekerja, kesibukan pagi didapur tidak berkurang. Karena setiap hari harus menyiapkan bento (bekal) makan siang untuk 3 orang anak kami yang duduk di Sekolah Dasar. Sedang untuk ayahnya, kadang bawa bento kadang pulang makan siang. Walau demikian sibuknya tetap sama.

Berbeda ketika di Indonesia, kalau lagi malas masak kita bisa membeli makanan di restoran, warung makan atau katering. Tetapi di Jepang ini mana bisa berhenti sehari saja memasak. Walau disekolah ada kateringnya, dan di kampus suami juga ada kafenya, tapi kehalalannya diragukan. Jadi mau tidak mau, capek atau tidak, sakit atau tidak, ibu tidak boleh cuti mamasak dan menyiapkan bento.

Sebagai manusia biasa, kadang muncul rasa malas, jenuh, ngak mood, bosan dengan pekerjaan rutin yang tiada hentinya itu. Tetapi ternyata perasaan itu dilarang ada pada diri ibu. Bahkan ibu tidak boleh sakit. Sementara anak anak harus mendapatkan gizi terbaik pada masa pertumbuhannya. Maka kita harus bisa bisa membuat variasi menu yang praktis, cepat disajikan, ngak ribet dan tentunya bergizi.

Berikut ini tips agar kita bisa menyiapkan bekal sekolah yang cepat dan ngak ribet.

1. Niatkan memasak karena ingin mendapatkan ridho Allah.

Segala sesuatu yang kita niatkan untuk Allah pasti akan dimudahkan olehnya. Selain keluarga bisa makan, kita juga mendapatkan pahala yang berlimpah.

2. Persiapkan sehari sebelumnya.

Usahakan untuk menu besok hari sudah disiapkan malam sebelumnya. Misalnya kita lunakkan ikan yang beku di freezer. Perhatikan bahan bahan ada yang kosong atau tidak. Jangan sampai pas masak ikan masih beku, bawang ngak ada dsb.

3. Jangan tidur larut malam.

Agar pagi pagi tidak kesiangan, sebaiknya ibu tidak tidur terlalu larut. Karena kalau kita bangun setelah subuh biasanya akan rempong dan tidak cukup waktu mempersiapkan segala sesuatunya.

Itu 3 prinsip dasar yang harus dipegang. Namun ada kalanya kita kesiangan bangun. Ada beberapa menu yang praktis, cepat dan ngak ribet membuatnya. Jika suka ibu ibu boleh mencoba.

1. Orak-arik telur dan sayur.

Ini menu membuatnya tidak lebih dari 20 menit. Bahanya bisa opsional. Yang saya buat ini bahanya terdiri dari telur, wortel, buncis, bawang merah, bawang putih, merica, daun bawang dan sedikit garam. Cara membuatnya mudah sekali, tumis bawang merah dan bawang putih, setelah harum masukkan telur, aduk terus sampai telurnya mengumpal kecil kecil, masukkan wortel, buncis daun bawang, merica dan garam. Jadi deh. Fotonya seperti yang di cover.

2. Tumis ikan salmon dan sayur.

Di Padang saya jarang sekali makan ikan Salmon. Di sini kebetulan banyak dan harganya terjangkau. Bahanya, ikan salmon (boleh diganti filet ikan lain), brokoli, wortel, jagung manis, bawang merah, bawang putih, merica, sedikit garam. Cara membuatnya, tumis bawang merah dan bawang putih, setelah harum masukkan ikan salmon, beri air sesuai selera. Setelah itu masukkan brokoli wortel, merica dan garam.  Membuatnya sangat praktis, ngak ribet dan cepat.


3. Nugget Ikan.

Kebetulan saya sukanya ikan jadi sering membuat makanan yang berbahan ikan. Membuat nugget sangat mudah sekali. Bahanya ikan, tepung maizena, bawang bombai, roti tawar, wortel atau brokoli, merica, bawang putih dan garam. Belender ikan sampai lembut beserta bawang bombai, bawang putih, telur. Rendam roti tawar, potong kecil kecil brokoli atau wortel. Campurkan hasil blenderan tadi dengan roti tawar yang sudah lunak, sayur, sedikit tepung maizena, merica dan garam. Aduk sampai rata. Setelah itu cetak sesuai keinginan lalu kukus. Saya tidak menggunakan tepung panir. Simpan hasil kukusan setelah dingin di kulkas. Jika waktu sangat mepet kita tinggal goreng.


Itu beberapa tips dan contoh menu bekal sekolah anak yang cepat, praktis dan ngak ribet yang saya lakukan. Contoh menu lainya mungkin nanti bisa saya share di episode berikutnya ya.

#SaruHariSatuKaryaIIDN
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment