27.1.18

Tips Olahan Sayur Untuk Anak

yesielsandra.com| Sayur merupakan salah satu sumber vitamin yang sangat baik bagi rubuh. Orang Jepang dalam menu sehari harinya lebih banyak memakan sayur daripada nasi.  Makanan yang sehat ini ditengarai memberi kontribusi bagi panjangnya usia hidup orang Jepang. Sayur yang ditanam petani Jepang steril dari pestisida, mereka memakan sayur kadang dalam kondisi mentah seperti orang Sunda yang suka makan lalapan.

Rasa sayur memang tidak ada yang manis seperti coklat atau es krim. Itu sebabnya sayur tidak terlalu disukai anak anak. Tetapi karena manfaat sayur yang sangat baik bagi pertumbuhan anak, sebaiknya ibu memiliki pengetahuan mengolah sayuran sehingga kebutuhan vitamin anak tetap terpenuhi.

Apa tips yang harus dilakukan ibu agar anak mau makan sayur?


  1. Kenalkan bayi sayur terdahulu sebelum mengenal rasa gula dan garam saat mulai MPASI. Coba beri menu tunggal hanya sayur saja. Jangan khawatir anak tidak suka. Bayi belum mengenal rasa, jadi sepanjang pemberiannya benar ia akan terbiasa makan sayur.
  2. Jelaskan kepada anak manfaat sayur.  Fokus pada kelebihan dan gizi yang terkandung didalam sayur ketimbang rasanya yang tidak manis.
  3. Potong sayur dalam ukuran kecil sesuai ukuran mulut anak agar anak mudah mengunyahnya.
  4. Buat variasi sayur agar anak tidak bosan.
  5. Masak sayur jangan terlalu lama agar gizinya tetap terjaga, jangan juga kementahan karena tak tergigit oleh anak.
  6. Jika anak terlanjur tidak suka sayur, buat sayur menjadi makanan cemilan. Misalnya Pizza Mie, topingnya sayur. Tahu isi yang didalamnya berisi wortel dan kol. Tumis Salmon campur sayur. Bakwan yang dicampur sayur. Masih banyak lagi olahan sayur yang dapat dikembangkan oleh ibu. Agar kandungan gizi sayur tetap terjaga, jangan memotong sayur sebelum dicuci agar gizinya tidak larut.

Berikut ini contoh olahan sayur yang biasa saya buat untuk anak anak.

1. Somay Sayur
Bahannya, ikan, tepung tapioka, bawang putih, telur, merica, sayur. Bisanya untuk sayurnya saya menggunakan wortel.

Somay Sayur Siap Untuk Dikukus

2. Pizza Mie Toping Sayur
Satu bungkus mie, rebus terlebih dahulu. Telur, bawang bombai, bawang putih, brokoli, keju. Campur semua bahan. Masak menggunakan teflon. Mudah sekali membuatnya.

Pizza Mie Sayur
4. Tahu Isi
Tumis bawang merah bawang putih, daging ayam, boleh juga daging sapi cincang atau filet ikan. Masukkan kedalam tahu, goreng dalam tepung yang sudah dibumbui. Foto seperti cover.

5. Sayur Bayam Bening
Sayur bening yang banyak kuah sangat disukai anak anak kami. Tapi sayang di Jepang tidak ada bayam. Kebetulan ini masih ada foto sayur bayam waktu msih di Padang. Jadi kangen bayam.
Sayur Bayam Bening




Semoga anak anak kita tumbuh sehat. Kesehatan itu berawal dari apa yang kita makan.

#SatuHariSatuKaryaIIDN




Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment