24.1.18

Tips Traveling Aman dan Nyaman ke Dalam dan Luar Negeri Bersama Anak

yesielsandra.com| Traveling bersama anak adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Perjalanan yang menyenangkan akan membekas dalam memori mereka hingga dewasa. Jika ada dana lebih baik alokasikan untuk traveling, tidak harus jauh dan mahal yang penting kita jalan jalan menikmati, mensyukuri dan menyadari kebesaran Allah SWT melalui ciptaanya.

Selama setahun di Jepang, saya empat kali bolak balik Padang Jepang, bahkan ada yang mampir ke Solo dan Medan. Pertama kali datang ke Jepang kami datang berlima, saya dan 4 orang anak. Perjalanan pertama ini kami menggunakan Garuda Indonesia. Alasannya ketika itu ada promo, selain itu ingin perjalan pertama yang sangat jauh ini menyenangkan bagi anak anak. Dengan fasilitas audiovisual dan makanan yang enak di dalam pesawat terbukti membuat anak anak nyaman dan tidak rewel.

Karena ada urusan di Padang saya membawa anak yang belum sekolah pulang pergi Jepang Padang. Sedangkan anak yang lain tidak diajak, selain karena ongkosnya mahal mereka juga sedang sekolah.

Di Bandara International Kansai, Osaka.
Perjalanan dari Jepang ke Padang kami menggunakan bis malam dari Kanazawa menuju bandara Osaka. Sampai di Osaka esok pagi, dari apartemen kami menggunakan 3 kali bis. Dari Osaka tidak langsung ke Padang, tapi transit dulu di Kuala Lumpur Malaysia menggunakan pesawat Airasia.

Di Kuala Lumpur International Airport
Pesawat terbang dari Osaka jam 11 pagi dan sampai di KL jam 5 sore. Karena tidak ada lagi pesawat dari KL menuju Padang, terpaksa menginap di mushala bandara hingga keesokan harinya. Kurang lebih diperjalanan memakan waktu 35 jam. Wah lama banget ya, lebih dari sehari.

Di Bandara Solo.
Saya dan si kecil juga melakukan traveling ke Solo dan Medan. Dari Padang tidak ada pesawat langsung ke Solo, jadi transit di Jakarta. Seperti biasa disertai delay. Kalau dari Padang ke Medan ada pesawat langsung. Kebayangkan membawa anak 4 tahun dalam perjalanan yang panjang itu tentu tidaklah mudah.

Di Kualanamu International Airport
Berikut tips singkat membawa anak kecil traveling agar perjalanan kita aman dan nyaman.

1. Berdoa kepada Allah agar diberikan keselamatan pergi dan pulang.

2. Komunikasikan dengan anak jauh hari sebelum melakukan perjalanan.

3. Buat perjanjian dengan anak agar tidak rewel, sampaikan kalau mau sesuatu katakan pada bunda.

4. Siapkan dokumen seperti pasport, tiket pesawat, kartu identitas lainya. Letakkan di tempat yang aman dan mudah dijangkau.

5. Siapkan bekal yang cukup. Minuman, cemilan dsb. Jangan sampai perut anak kosong saat dalam perjalanan karena itu akan menyebabkan anak masuk angin.

6. Bawa maianan kesukaan anak, bisa juga bawa pensil, krayon dan kertas jika anak menyukai aktifitas menggambar.

7. Jangan lupa bawa jaket, siapkan baju cadang untuk mengantisipasi anak ngompol, bajunya basah atau kotor.

8. Siapkan tisu atau lap tangan  serta kantong kresek untuk tempat sampah.

9. Boleh siapkan obat obatan ringan, ini opsional.

10. Jangan lupa baterai HP harus terus full, selalu bawa power bank agar komunikasi dengan suami tidak terputus.

Di Bandara Internasional Minangkabau
Demikianlah pengalaman saya traveling membawa anak kami Rabia Hasnah, 4 tahun. Alhamdulillah walau sedikit rempong tapi tidak sampai ketinggalan bis, kereta dan pesawat. Dokumen dan barang barang juga tidak ada yang tercecer. Dan yang lebih penting anak menyukai perjalan itu, kami sering mengulang ulang kisah perjalanan dan melihat lihat fotonya. Semoga memberi nilai emosional yang positif bagi perkembangan jiwanya.