7.2.18

Apa Yang harus Dilakukan Ketika Usia Memasuki 40 Tahun?


yesielsandra.com| Waktu tak pernah lelah bergerak. Hari tak pernah berhenti berganti. Begitu juga dengan usia kita, terus bertambah. Menjadi tua adalah kepastian, menjadi dewasa adalah pilihan.

Usia 40 tahun disebut Allah dalam Al-Qur'an. Allah berfirman :



Sehingga apabila dia telah dewasa dan usianya mencapai empat puluh tahun, ia berdo’a : “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat ENGKAU yang telah ENGKAU berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shalih yang ENGKAU ridhoi; berilah kebaikan kepadaku dengan memberikan kebaikan kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada ENGKAU dan sesungguhnya aku termasuk orang2 yang berserah diri.”” (Al-Qur’an, Surat Al-Ahqaf, ayat 15).
Pasti ada yang istimewa di usia 40 tahun sehingga Allah menyebutnya dalam kitab suci. Usia 40 tahun diyakini sebagai usia yang matang dan dewasa baik secara biologis maupun psikologis. Para nabi diutus selalu di atas usia 40 tahun. 
Usia 40 tahun memberi peringatan kepada kita bahwa kita telah melewati setengah kehidupan ini. Belum tentu kedepanya kita masih memiliki kesempatan hidup. 
Jauh sebelum usia 40 tahun saya menginggatkan diri saya sendiri agar "hati hati" dalam menjalankan kehidupan. Sayapun memiliki beberapa resolusi, diantaranya:
1. Menjadi Volunteer
Alhamdulillah, walaupun tidak mewah rasanya saya sudah memiliki semuanya. Pendidikan sudah sampai puncak. Alhamdulillah karier berjalan dengan baik. Alhamdulillah memiliki keluarga yang harmonis. Saya ingin bersyukur pada Allah atas semua itu dengan mengabdikan diri untuk masyarakat. Saya ingin bisa banyak berbagi, memberi, mencerdaskan kehidupan bangsa. Saat ini yang ada dalam pikiran saya adalah bagaimana bisa berbuat untuk orang lain. Menjadi jalan bagi orang lain. Menjadi solusi dan bermanfaat bagi orang lain.  
2. Bisa Berkunjung ke Luar Negeri
Resolusi saya yang lain adalah ingin naik haji dan bisa umroh. Sampai saat ini kedua harapan ini belum terealisasi karena saya masih "produksi".  Tapi saya bersyukur, Allah menghibur dengan cara lain. Bukan hanya berkunjung, saat ini saya tinggal di Jepang mengikuti suami tugas belajar. Allah Maha Kuasa, saya diberikan kesempatan hamil saat usia sudah kepala 4. Allah juga adil, di usia rawan hamil ini, saya cuti dari pekerjaan, sehingga saya bisa fokus pada kehamilan. Dan tidak berat menjalankanya.

3. Konsisten Membaca dan Menghafal Quran

Usia 40 tahun saatnya fokus memikirkan kehidupan yang abadi. Kematian adalah kepastian. Resolusi saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Iman lebih baik, ketakwaan juga lebih baik. Saya juga berarap akhlak  ibadah, dan aqidah saya menjadi lebih baik. Komitmen saya bisa mengaji 1 juz perhari dan menghafal aquran.

Semoga ini bukan sebuah harapan yang terlalu muluk. Karena saya menyadari, kita hanya berusaha. Allah yang memampukan. Taqdir kita di tangan Allah. Saya memohon kepada Allah agar semakin bertambah usia saya, bertambah juga amalan saya. Sehingga ketika Allah memanggil saya, saya benar benar dalam keadaan khusnul khotimah. Menghadap Allah dalam limpahan keimanan.

Itulah harapan saya, semoga saya bisa istiqomah, konsisten dengan apa yang telah menjadi harapan dan berharap Allah mudahkan semua langkah dan prosesnya. Amin...

#Posttematik
#KEB
Reaksi:

2 comments:

  1. Aamiin, semoga semua tercapai ya Bu, sehat selalu sekeluarga, Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terimakasih bunda, semoga bunda juga demikian...

      Delete