1.2.18

Hanya Perlu Dikukus, Somay ini Enak dan Bergizi


yesielsandra.com| Saya bersyukur sekali menjadi orang Indonesia. Daerah tropis yang memiliki banyak sekali kekayaan alam, rempah rempah yang melimpah, kuliner berbagai macam rasa. Sungguh itu tidak saya temukan di Jepang.

Makanan halal dan kuliner Nusantara adalah makanan langka di sini. Jika kangen makanan Indonesia seperti bakso, soto, rendang, somay, ya buat sendiri.

Saya termasuk orang tua yang concern terhadap gizi anak. Karena saya percaya tumbuh kembang anak 40% dipengaruhi oleh apa yang ia konsumsi. Sisanya dipengaruhi gen dan lingkungan.

Orang Jepang sangat menyukai ikan berdaging putih. Kadang mereka memakannya secara langsung atau dibuat menjadi Susi.

Sejak di Padang saya juga sering mengolah ikan. Tapi membuatnya menjadi Somay belum pernah saya lakukan, karena banyak yang jual jadi tinggal beli. Saya berfikir tadinya membuat Somay ribet. Ternyata tidak, membuatnya sangat mudah sekali. Cukup dikukus, pastinya sehat dan bergizi.

Bahan utama Somay adalah ikan dan sedikit tepung Tapioka atau tepung Kanji. Kita dapat menambahkan telur dan kentang sebagai pelengkap. Saya menambahkan Wortel dalam adonan Somay agar kebutuhan vitamin tetap dapat terpenuhi.


Bahan Bahan Somay :
250g daging ikan
3-4 sendok tepung tapioka
3 siung bawang putih
1 buah wortel
1 buah telur
Merica dan garam secukupnya

Bahan Bahan kuah Somay
100g kacang tanah
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 buah kentang
Cabe sesuai selera
Gula merah sesuai selera
Asam Jawa secukupnya
Daun jeruk secukupnya
Kecap secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat Somay sangat mudah sekali.

1. Potong kecil kecil daging ikan yang telah dibersihkan. Masukan ikan, bawang putih, dan telur ke dalam blender. Haluskan sampai lembut.

2. Potong kecil kecil dan halus wortel. Kemudian campurkan ke dalam adonan ikan yang sudah halus. Tambah garam dan merica, aduk sampai rata. Somay siap dicetak. Bisa menggunakan tahu atau kulit Somay.

3. Kukus adonan dalam panci yang sudah mendidih airnya terlebih dahulu. Tutup panci diberi kain agar airnya tidak jatuh ke Somay.


4. Goreng kacang merah. Kemudian blender bersama bawang merah bawang putih, cabe, kentang yang sudah direbus. Beri air secukupnya.

5. Masak adonan kuah Somay sampai muncul minyak dan wanginya harum. Jangan lupa tambahkan asam Jawa, gula merah dan daun jeruk.

Estimasi waktu dari A sampai Z kurang lebih 1 jam. Jika bahan sudah siapkan sebelumnya, membuatnya kurang lebih hanya 20 menit.

Anak anak saya tanpa kuah kacang juga suka memakan Somaynya. Dikulap kulap  kayak makan cemilan aja. Dengan takaran bumbu yang pas, dan membuatnya dengan senang hati serta riang gembira, Somay ini menjadi sangat lembut dan pastinya disukai anak anak.

Karena saya tidak punya oven, saya sering memasak kue dan makanan dengan cara dikukus. Salah satu kue yang saya kukus adalah klappertaart. Ya Allah, enak banget. Nanti dilain kesempatan saya share bahan dan cara membuatnya.



#SatuHariSatuKarya
#TemaMakananYangDikukus
#HariKe11

Reaksi:

2 comments:

  1. Duh gampang y mba jadi pengen nyobain, insyaAlloh liburan praktekin ah keknya enak nih apalagi stock tapioka banyak dirumah sebagai penggemar cireng dan cilok tapioka always ada :D jadi mau coba eksperimen bikin siomay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mbak, dijamin gizi dan kebersihannya kalau buat sendiri. Semoga berhasil.

      Delete