3.2.18

Kue Dadar Gulung Tradisional Ini Sehat dan Baik Untuk Anak


yesielsandra.com| Dunia kuliner saat ini berkembang luas. Banyak makanan modern yang hadir. Belum lagi saat ini sedang booming kuliner milik artis yang hadir diberbagai kota dan diserbu masyarakat.

Tapi kuliner Nusantara tidaklah tergantikan. Bangsa kita kaya akan kuliner tradisional yang mengandalkan bahan baku alami yang sehat tanpa pengembang, pewarna apalagi pengawet.

Makanan modern memang dari sisi penampilan sangat mengiurkan. Tapi perlu diketahui makanan modern sebenarnya mengandung bahan jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berbahaya. Seperti pengembang, pewarna, pengharum, pelembut dan sebagainya.

Berbeda dengan kue tradisional Nusantara. Bahanya umumnya alami, bukan bahan buatan yang mengandung bahan berbahaya. Misalnya kue dadar gulung.

Kue dadar gulung ini sangat terkenal dan hampir seluruh daerah menjadikan makanan ini sebagai makanan favorit. Bahan bahanya mudah didapat, alami dan murah tentunya.

Bahan Kue Dadar Gulung
250 gram tepung terigu
1 butir telur
250 gram santan kelapa
500 ml susu murni
250 gram kelapa parit
200 gram gula merah
Daun pandan secukupnya
Garam secukupnya.

Cara Membuat Isi Kue Dadar

Cairkan gula merah, masukkan gula, daun pandan, dan garam secukupnya. Masak hingga mendidih dan kering.

Cara Membuat Kulit Kue Dadar

Kocok telur, masukkan tepung, santan, dan susu cair, serta garam. Aduk hingga teksturnya pas. Tidak kental tidak pula terlalu cair. Panaskan teflon ukuran 20cm, masukkan satu sendok adonan ke dalam teflon. Untuk mendapatkan hasil terbaik, beri teflon sedikit minyak goreng atau margarin. Agar terdapat jaring jaring yang besar teflon harus dalam keadaan panas.

Masukkan sedikit demi sedikit kelapa dan gula merah ke dalam kulit dadar, kemudian gulung.

Saya tidak memberi pewarna agar lebih aman untuk anak anak. Teman teman dapat menggunakan daun pandan yang ditumbuk untuk pewarna alaminya.

Membuat kue ini perlu kesabaran, karena kita harus membuat kulit kue dadar satu persatu. Oh iya, api jangan terlalu besar agar tidak gosong.

Begitulah cara membuat kue dadar gulung yang lembut dan enak.


#SatuHariSatuKarya
#Harike13
#TemaKuliner
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment