6.2.18

Ini Dia 6 Rahasia Sehat dan Panjang Umur Orang Jepang Yang Patut Kita Ketahui


yesielsandra.com. Orang Jepang terkenal panjang umur. Umur hidup orang Jepang rata rata mencapai 86 tahun. Tidak sedikit ada yang sampai berumur lebih dari 100 tahun. Saya sering melihat orang Jepang yang sudah sangat sepuh di supermarket, taman atau di dalam bis. Mereka masih melakukan aktifitas seperti biasa tanpa dibantu orang lain. Selain panjang umur, orang Jepang juga sehat sehat. Badanya langsing langsing.

Soal umur adalah rahasia Allah SWT. Tapi Allah juga memberi kita kesempatan berikhtiar. Ternyata panjang umurnya orang Jepang ini tidak terjadi secara kebetulan. Ada ikhtiar yang mereka lakukan. 

Apa sajakah yang dilakukan orang Jepang hingga bisa sehat dan panjang umur? Jawabanya ada di pola makan. Apa yang kita makan itu berkorelasi dengan kesehatan kita. Mari kita lihat apa saja yang biasanya dikonsumsi orang Jepang.

1. Orang Jepang Suka Makan Sayur.

Orang Jepang suka makan sayur mentah. Porsi sayur mereka lebih banyak dari lauk dan nasi. Berbeda ya dengan kebiasaan kita, yang lebih banyak porsi nasinya ketimbang sayurnya. Orang Jepang tidak khawatir makan sayur mentah karena petani di sana umumnya tidak menggunakan pestisida. Seperti banyak diketahui, sayur mengandung vitamin dan antioksidan. Sangat bagus untuk peremajaan sel kulit dan pencernaan.

2. Orang Jepang Lebih Suka Makan Ikan

Protein hewani yang banyak dikonsumsi orang Jepang adalah ikan. Ikan inipun kadang dimakan mentah. Kalaupun diolah, biasanya dibakar itupun hanya sebentar. Orang Jepang hanya mau makan ikan segar. Di supermarket atau di pasar tradisonal, jika ikan sudah tidak segar, mereka tidak mau menjual. Ikan mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ikan juga baik untuk tubuh dan melancarkan peredaran darah. Orang Jepang biasanya memakan protein hewani berdaging putih. Seperti ikan salmon, ikan tenggiri, kepiting, udang dan lain lain.

3. Orang Jepang Suka Makan Rumput Laut

Rumput laut merupakan makanan sehari hari orang Jepang. Biasanya dibuat onigiri atau untuk soup. Rumput laut sangat baik untuk pencernaan. Kaya akan kalium, kalsium dan mineral. Rumput laut juga mengandung anti oksidan yang bermanfaat untuk tubuh.

4. Orang Jepang Suka Minum Teh Hijau

Teh Hijau adalah minuman sehari hari orang Jepang. Diminum hangat tanpa gula.  Orang Jepang mengurangi makanan yang manis manis. Pantas mereka langsing langsing. Teh Hijau mengandung antioksidan yang dapat mempercepat metabolisme tubuh dan dapat juga menimbulkan efek relaksasi.

5. Orang Jepang Banyak Makan Protein Nabati

Selain protein nabati dari seafood, orang Jepang suka mengkonsumsi protein nabati seperti kacang kacangan. Orang  Jepang suka minum susu kedelai dan tahu. Olahan kedelai mengandung isoflavon yang baik untuk kesehatan hormon wanita.

6. Orang Jepang Suka Berjalan Kaki

Jangan bayangkan ada ojeg atau becak di Jepang. Orang Jepang lebih suka berjalan kaki atau naik sepeda ke supermarket atau ke tempat kerja. Berjalan kaki dan bersepeda sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah 6 rahasia orang yang membuat mereka tetap sehat di hari tua dan memiliki umur yang panjang. Tidak sulit sebenarnya ya. Kita dapat menduplikasi jika ingin sehat dan umur panjang. Selamat mencoba.

sumber cover: http://www.patrickkeady.org
Reaksi:

2 comments:

  1. Makanbikan jarang banget...apalagi makan rumput laut..

    Beneran harus perbaiki pola makan nij kayaknya

    ReplyDelete