8.3.18

10 Tips Menjadi Perempuan Kreatif, Produktif dan Prestatif di Zaman Now

Kehidupan perempuan selalu menarik untuk diperbincangkan. Banyak moment diperingati berkaitan dengan perempuan. Mulai dari peringatan hari kartini, hari ibu, bahkan internasional memiliki tanggal sendiri untuk memperingati hari perempuan.

Tetapi cukupkah perempuan hanya diperingati dalam moment moment tersebut? Sedangkan di sana sini perempuan masih mengalami diskriminasi, perempuan hanya dianggap sebagai pelengkap kehidupan laki laki.

Memang diberbagai bidang sudah tampil perempuan perempuan yang memberi kontribusi  bagi perkembangan dunia. Tetepi jumlah itu masih sangat sedikit. Dan perempuan perempuan yang tampil pada panggung sejarah itu biasanya adalah anak anak pelaku sejarah juga. Atau mereka yang terlahir dari orang tua yang berada atau berpendidikan tinggi.

Baca Juga: Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Usia Memasuki 40 Tahunl

Dari rahim perempuan kehidupan ini berawal. Maka perlu ada sebuah ikhtiar menjadikan perempuan kuat baik secara fisik maupun mentalnya. Karena kehidupan anak manusia 2 tahun pertama dalam dekapanya, maka perlu ada sebuha iktiar membuatnya memiliki ilmu pengetahuan yang luas, terdidik, cakap mendidik anak anaknya, terampil mengurus rumah tangganya. Ringkasnya saya menyebut perlu ada upaya membuat perempuan kreatif, produktif dan prestatif.

Ikhtiar itu pertama sekali sebaiknya berasal dalam diri perempuan itu sendiri. Ia sebaiknya menyadari betapa dirinya sangat penting bagi peradaban ini. Pendidikan formal tidak menjamin perempuan terampil menunaikan peran domestiknya, termasuk melejitkan fitrahnya yaitu mengandung, melahirkan dan menyusui bayinya.

Baca Juga: Ibunya Doktor Kenapa Anaknya Tidak Sekolah?

Lantas apa yang perlu dilakukan perempuan agar menjadi kreatif, inovatif dan produkti? Sebelum dilanjutkan perlu kita maksnai terlebih dahulu apa definisi kreatif dalam konteks ini. Perempuan kreatif adalah perempuan yang memiliki kemampuan memecahkan masalah, perempuan yang memiliki daya cipta dan imajinatif. Misalnya untuk urusan dapur, perempuan kreatif memiliki berbagai cara mengolah makanan dengan menu variatif dan praktis untuk keluarganya.

Bagaimana dengan perempuan produktif, seperti apakah perempuan produktif itu? Perempuan produktif adalah perempuan yang mampu menghasilkan baik fininsial maupun non finansial. Secara finansial artinya perempuan itu bisa menghsilkan uang. Ingat untuk menghasilkan uang tidak harus bekerja menjadi pegawai di kantor atau bekerja di sektor publik lainya. Perempuan yang produktif tetap dapat menghasilkan uang walau mereka hanya di rumah saja. Produktif secara non finansial misalnya perempuan itu menghasilkan karya di lingkunganya.

Baca Juga: Haruskah Ibu Rumah Tangga Menjadi PNS?l

Sedangkan yang disebut perempuan prestaitf adalah perempuan memberi nilai dan hasil dari apa yang telah dikerjakanya, hal ini berkaitan dengan hasil kinerja positif yang telah dilakukanya. hasil tersebut memberi inspirasi bagi orang lain.

Setiap perempuan sangat bisa saja menjadi kreatif, produktif dan prestatif. Karena setiap manusia adalah karya maha agung sang pencipta. Begitu juga dengan perempuan. Setiap permpuan terlahir sebagai masterpiiece. Hal ini sebaiknya disadari oleh setip perempuan dengan mengubah mindsetnya bahwa ia adalah makhluk luar biasa yang sengaja diciptakan sebagai arsitek peradaban. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Selalu berdoa kepada Allah SWT agar dijadikan perempuan yang sholehah.
2. Belajar dan terus belajar. Tidak pernah ada kata berhenti untuk belajar
3. Bergaul dengan perempuan perempuan yang kreatif, produktif dan prestatif
4. Ubah mindset bahwa perempuan juga bisa melejit tinggi, perempuan tidak lemah
5. Berfikir positif dan yakin kita mampu
6. Perluas wawasan dengan banyak membaca atau bergabung dalam berbagai komunitas
7. Banyak memberi dan berbagi
8. Taat pada orang tua atau suami
9. Gali terus potensi yang terpendam
10. berani mencoba hal hal yang baru


Reaksi:

1 comment:

  1. Makasih uni, saya diingatkan untuk bagaimana menjadi perempuan yang kreatif, produktif dan prestatif dari tulisan uni. Semoga saya pun bisa menjadi perempuan yang seperti itu kelaknya 🙏

    ReplyDelete