25.6.19

Anak Cerdas Tidak Harus Pintar Matematika



"Bunda, nilai Matematika Kakak 48." Ujar sulung saya lirih. Dia memperlihatkan sebuah bundel semacam jurnal. Didalamnya ada soal berbagai mata pelajaran, jawaban anak, hasil evaluasi disertai grafik ulangan beberapa minggu lalu.

"Wah iyakah?" Ujar saya tersenyum. Ngak apa-apa, yang penting Kakak kemaren udah berusaha kan?"

"Nilai yang paling tinggi Bahasa Inggris, 94." Sambungnya.

"Aih keren, hebat!" Puji saya. "Nilai Kakak secara keseluruhan bagus kok, masih diatas rata-rata kelas." Saya berusaha menghibur.


Saya dulu matematikanya juga pas pasan. Ngak pernah juara. Makanya pas kuliah pilih jurusan sosial. Beda dengan suami yang sekolah selalu juara dan pilih jurusan eksakta. Tapi toh akhirnya seprofesi juga bahkan studinya selesai saya duluan.

Untuk itu saya ngak khawatir kalau anak saya ngak jago matematika karena saya tahu kecerdasan itu majemuk. Howard Gardner seorang psikolog menyebutnya Multiple Intelligence.

Howard Gardner membagi kecerdasan dalam 9 kategori, yaitu kecerdasan matematis logis, kecerdasan bahasa, kecerdasan ruang, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan eksistensial dan kecerdasan lingkungan.

Kapan kapan kita bahas satu satu ya. Bagaimana dengan anak Anda, memiliki kecerdasan yang manakah ia?


Foto: www.researchgate.net
Reaksi:

2 comments:

  1. saya juga gak bisa matematika. lemottt banget kalo soal ngitung. tapi dari segi bahasa aku lebih bisa. hehe

    ReplyDelete
  2. Permisi bunda, selamat siang.
    saya mahasiswa akhir dari telkom university bandung sedang melakukan penelitian dan pengkaryaan membuat aplikasi e-learning untuk siswa siswi Homeschooling, sekiranya berkenan saya ingin berkonsultasi dan bertanya kepada ibu sebagai praktisi Homeschooling tentang aplikasi yang sedang saya rancang, apabila bunda berkenan saya boleh meminta waktunya untuk diwawancarai secara online bisa mengirim email ke wahyuudanar@gmail.com , sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete