31.12.19

💖 Catatan Parenting Akhir Tahun 2019


Pernikahan tidak melulu kisah romantis penuh bunga-bunga ala film Korea. Di dalamnya sering ada tangis, ada marah, ada kesal, ada pertikaian atau ada sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Kadang kita harus menyimpan keinginan dan harapan agar pasangan dan anak-anak kita bahagia. Kadang kita juga harus membuang jauh mimpi-mimpi kita untuk pasangan dan anak-anak kita. Kadang kita menahan hati oleh keluarganya, ayah ibunya, kakak adiknya atau bahkan oleh sifat sifatnya.

Kadang kita harus mengorbankan banyak hal agar keluarga kita bisa terus berjalan di jalan yang semestinya kita lalui. Kadang kita akhirnya berjauhan dengan ayah ibu dan orang orang yang kita cintai lainya. Kadang kita sering menangis dalam hati, karena di tidak seperti yang kita harapkan. Dan tentunya masih banyak lagi.....

Pernikahan penuh dengan misteri. Kita kira cantik dan tampan membuat keluarga samara, nyatanya tidak. Berapa banyak orang yang cantik, pasangannya berselingkuh juga.



Jika kita kira kekayaan dan harta yang melimpah yang membuat rumah tangga kita menjadi surga, ternyata tidak. Berapa banyak keluarga yang dulunya pas pasan, setelah kaya justru timbul masalah besar dalam rumah tangganya.

Kita kira ahli agama tidak ada masalah dalam rumah tangganya, nyatanya berapa banyak ahli agama terkenal justru Masalah dalam keluarganya setiap hari digosipin televisi. Bahkan dai sejuta viewers tidak luput didera masalah rumah tangga.

Bukan karena cantik, tampan, pangkat dan jabatan serta kekayaan yang membuat rumah tangga bahagia. Mungkin karena doa orang tua kita, mungkin karena sujud sujud kita, karena infak sadaqoh kita, karena kerelaan kita berkorban untuknya, karena ridho pasangan kita, karena keikhlasan kita menerima segala kekuranganya.

Kita sering tidak mengerti rahasia Allah terhadap banyak hal. Tapi kita dapat mengambil hikmah dalam setiap peristiwa yang terhidang di depan mata.

Perjuangkan rumah tangga kita, support pasangan setinggi langit, jadilah yang terdepan memotivasinya, mendukungnya dan berkorban untuknya. Fokus hanya pada hal yang positif yang dimiliki pasangan kita, fokus hanya pada kelebihannya. Setiap orang punya kekurangan, tapi jangan fokus pada kekurangan itu.

Semoga tahun depan, kelurga kita lebih baik, lebih bermanfaat, lebih romantis, lebih berkah.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment