10.12.19

Tips Anak Mau Makan


Setiap anak beda-beda pola makanya.
Ada yang mudah ada juga yang butuh perjuangan agar ia mau makan. Umumnya anak khususnya anak yang masih MPASI pernah mengalami gerakan tutup mulut (GTM) alias tidak mau makan.

Bisanya ini disebabkan karena faktor genetis, tumbuh gigi, bosan dengan menu, makanan sulit dikunyah, atau mungkin sudah kekenyangan karena ASI atau cemilan.

Kelima anak kami juga pernah mengalaminya saat masih MPASI. Karena saya meyakini makan adalah hal yang penting, saya mempelajari secara serius masalah ini melalui buku, ikut pelatihan dan searching berbagai artikel di internet.



Berikut tips anak mau makan, khususnya MPASI ala uni Yesi.

1. Jangan panik dan emosi jika anak GTM. Sehari anak tidak makan tidak membuatnya mati sepanjang masih ASI.

2. Sesuaikan tekstur dengan usia bayi. Bubur saring untuk usia 6-9 bulan. Bubur tim untuk 9-12 bulan dan makanan keluarga untuk 1 tahun ke atas. Jika belum siap makanan keluarga, 1-2 bulan bisa toleransi bubur tim lagi.

3. Tidak perlu repot menyiapkan makanan khusus, gunakan bahan baku yang ada atau menu keluarga yang sama.

4. Variatif agar bayi tidak bosan.

5. Menu seimbang, sehingga gizinya memenuhi semua unsur yang dibutuhkan tubuh.

6. Gunakan peralatan makan yang lucu-lucu yang tidak membahayakan kesehatan dan fisiknya.

7. Jika ditolak, perhatikan moodnya. Buat suasana yang menyenangkan. Kalau Ryuzaki biasanya sambil baca buku makanya jadi lahap.

8. Fokus, jangan menemani anak makan atau menyuapi sambil hp-an. Konsentrasi dan kerahkan seluruh perhatian kita padanya.

9. Jika tidak mau makan, jangan marah, jangan teriak, jangan dipaksa. Jangan jadikan ajang makan sebagai ajang pertengkaran.

10. Jangan lupa berikan pujian dan ucapkan syukur jika makannya habis.
 
#gumam_uni_yesi
 #selfreminder


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment