13.1.20

Konten Sosial Media dan Pengaruhnya Terhadap Masa Depan

CareerBuilderdotcom melakukan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa 45% perusahaan mencari tahu tentang latar belakang calon karyawannya dari sosial media.

Dulu, sebelum segalanya serba online, pendaftaran calon karyawan atau pegawai melalui pos. Perusahaan tidak memiliki akses untuk mengetahui latar belakang pelamar secara komprehensif kecuali melihat dari cover letter, resume dan curriculum vitae sang calon.

Kini, setelah segalanya serba online, siapa saja bisa melihat, mengetahui dan memberikan penilaian terhadap portofolio kita. Rekam jejak kita sangat mudah diketahui dalam hitungan detik. Tinggal masukkan nama seseorang maka informasi tentang orang tersebut akan sangat mudah diketahui.

Sosial mendia yang kita miliki adalah cerminan diri kita. Sosial media saat ini juga menjadi indikator menilai pribadi seseorang. Seseorang akan terlihat bagaimana kapasitasnya dari konten sosial media yang dimilikinya, termasuk foto-foto yang diposting dan dengan siapa saja ia berteman.



Jika rekam jejak sosial media kita hanya berisi ujaran kebencian, status emosional, status negatif, status selalu mengeluh, galak, judes, komentar nyinyir dan negatif serta foto-foto yang tidak pantas, maka HRD perusahaan tentu tidak akan tertarik, Walau IP kita tinggi. Mereka akan beranggapan kita adalah calon karyawan yang tidak bisa bekerjasama membangun nilai positif dalam perusahaan.

Begitupun dengan jodoh. Saat ini berapa banyak orang bertemu jodoh dari sosial media. Banyak juga kerjasama bisnis terjalin karena melihat rekam jejak seseorang dari sosial media. Jika sosial media kita berisi hal-hal yang positif, berisi portofolio yang mengagumkan, tentu orang akan simpatik dan tertarik.

Hidup ini tergantung bagaimana kita menempatkan diri.
Masa depan itu kita yang menentukan atas ijin Allah.
Buatlah jejak jejak penuh makna.
Torehkan catatan-catatan inspiratif.
Kita memang tidak sempurna, tapi tunjukkan kita adalah pribadi yang baik, mau belajar dan layak jika diajak bekerjasama.
Semua itu tercermin dari sosial media yang kita miliki.

#gumam_uni_yesi


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment