17.1.20

Membangun Visi dan Misi Keluarga


Keluarga adalah sarana beribadah kepada Allah SWT, dimana orang tua diikat dengan tali pernikahan yang sangat berat dan erat.

Keluarga dibentuk untuk melahirkan generasi rabbani, generasi yang meninggikan kalimat Allah SWT, dimana seluruh anggota keluarga diharapkan memiliki pemahaman keislaman yang benar dan komprehensif, seperti memiliki akidah yang lurus, akhlak yang baik, ibadah yang benar, kemandirian financial dan mencintai ilmu serta gemar belajar.

Sehingga kelurga menjadi sarana dan investasi bagi rumah tangga tidak saja di dunia, tetapi juga di akhirat. Istri menjadi penenang hati suami, dan suami melindungi dan menafkahi seluruh anggota keluarga dengan rezeki yang halal.

Orang tua bisa dijadikan anak sebagai sahabat maupun guru. Serta anak bagi orang tua adalah qurataayun, penentram jiwa. Untuk itu harmonisasi dalam keluarga menjadi sebuah kemestian, dengan saling menjaga, menginggatkan, melindungi, menyayangi dan mencintai.


Seluruh anggota perlu memiliki kompetensi untuk mewujudkan itu semua. Kompetensi itu diterjemahkan dalam sebuah visi dan misi. Agar kapal yang bernama kelurga ini dapat berlayar sesuai rulenya dan tiba dengan selamat pada tujuan yang telah direncanakan.

Visi adalah rencana jangka pnjang yang diinginkan oleh sebuah kelurga. Visi tidak boleh berubah-ubah. Ia mesti mantap dan konsisten. Deskripsinya jelas, singkat dan padat.

Sedangkan misi adalah cara yang digunakan oleh kelurga agar visi dapat dicapai. Bisanya dalam bentuk kata kerja. Misi dapat berubah, ditambah, dikurangi, dimodifikasi.

Berikut ini adalah contoh visi dan misi keluarga Ardhiandra (Ardhian-Yesi Elsandra)

VISI: BERSAMA SELURUH KELUARGA MENUJU JANNAH NYA

MISI :
1. Mendidik anggota keluarga memahami agama Islam dengan benar dan komprehensif
2. Mendidik anggota keluarga memiliki akhlak yang baik
3. Mendidik anggota keluarga memiliki ibadah yang benar
4. Mendidik anggota keluarga memiliki kemandirian financial
5. Mendidik anggota keluarga mencintai ilmu dan gemar belajar
6. Memuliakan dan saling menyayangi seluruh anggota keluarga
————-
Materi Sharing Online FAHIMA (Forum Silaturahmi Musimah ) Jepang melalui aplikasi Line setiap hari Jumat.
Bagi yang tinggal di Jepang dan ingin bergabung di group silahkan kontak uni, sebutkan dimana domisili di Jepangnya.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment